Internet, Jaringan Komputer Global

Internet merupakan suatu jaringan komputer global yang menghubungkan miliaran peralatan komputer(computer devices) di seluruh dunia. Semua devices yang terhubung akan mampu saling berkomunikasi dengan menggunakan suatu aturan atau rule yang dikenal sebagai Internet Protocol( TCP/IP).

Jaringan Global Internet

# ARPANET Sebagai Cikal-Bakal Internet

Pembahasan tentang konsep networking yang hampir mirip dengan konsep Internet sekarang ditemukan pertama kali pada catatan-catatan yang dibuat oleh J.C.R Licklider pada tahun 1962. Licklider adalah ahli networking dari MIT yang pada tahun 1962 tersebut tengah tertarik dengan konsep yang dinamakan dengan 'Galactic Network'.

Catatan-catatan Licklider berisi diskusi dan visinya tentang konsep interconnected networking yang bersifat global dimana data dan program bisa diakses dengan cepat dan dari mana saja. Sebuah konsep yang hampir sama dengan Internet yang kita temui sekarang.

Licklider menekankan bahwa konsep Galactic Network ini akan menjadi sangat penting di masa datang. Ia mencoba meyakinkan koleganya di DARPA, Lawrence G. Robert tentang hal ini. Robert sendiri adalah seorang peneliti MIT.

Sebelumnya, pada tahun 1961 Leonard Kleinrock menerbitkan artikel tentang teori packet switching di MIT, dan kemudian di tahun 1964 menerbitkan buku pertaama dengan subyek yang sama. 

Sebagai sesama orang MIT, Kleinrock meyakinkan Robert tentang peluang menggunakan packet untuk  berkomunikasi menggantikan cara circuits. Hal ini merupakan langkah besar yang merubah arah perkembangan networking.

Langkah besar selanjutnya terjadi pada tahun 1965. Robert dan Thomas Merril berhasil membuat dua buah komputer berkomunikasi satu sama lainnya. Dua orang ini menghubungkan komputer TX-2 yang berlokasi di Mass dengan komputer Q-32 yang berada di California dengan menggunakan teknologi dial-up telephone berkecepatan lambat.

Percobaan Robert dan Merril ini memunculkan kesadaran bahwa komputer-komputer dapat bekerja sama. Menjalankan program dan mengambil data dari komputer remote bisa dilakukan. Namun sistem sirkuit switching telepon menjadi kendala dan batasan untuk maksud ini. Cara komunikasi dengan menggunakan packet yang ditawarkan oleh Kleinrock menjadi alternatif untuk digunakan.  

Pada tahun 1966 Robert mulai membangun konsep jaringan komputer di DARPA dengan berbekal konsep komunikasi baru berbasis packet. Rencana membangun ARPANET sebagai packet switching network muncul pada saat ini.

Setelah melalui proses selama dua tahun, pada tahun 1968 spesifikasi dan struktur overall jaringan ARPANET telah ditetapkan. Selanjutnya untuk mewujudkan ARPANET, DARPA mengembangkan komponen kunci untuk network ini, yaitu packet switches yang dinamakan Interface Messages Processor(IMP).

Kemudian pada tahun 1969, IMP pertama dipasang pada Network Measurement Center(NMC) di UCLA. NMC adalah organisasi tempat Kleinrock bekerja dan melakukan penelitian tentang teori packet switching. NMC merupakan node pertama pada jaringan ARPANET. Node kedua pada ARPANET adalah Stanford Research Institute(SRI).

Satu bulan kemudian, dengan menggunakan IMP pesan(message) pertama berhasil dikirimkan dari NMC ke SRI. Ini merupakan host-to-host message pertama yang terkirim melalui suatu jaringan komputer. 

Selang beberapa lama, dua node ditambahkan lagi ke jaringan ARPANET. UC Santa Barbara dan University of Utah. Pada akhir tahun 1969, sudah ada 4 komputer host yang terhubung pada jaringan ARPANET.

Tahun-tahun selanjutnya semakin banyak komputer sudah terhubung melalui ARPANET. Pengembangan ARPANET fokus kepada pembuatan protokol host-to-host dan software jaringan. Pada Desember 1970 host-to-host protocol untuk ARPANET yang pertama berhasil diselesaikan oleh Network Working Group(NWG). Protokol ini dinamakan Network Control Protocol(NCP). Pada periode 1971-1972 NCP rampung dikerjakan. Dengan demikian pengguna network bisa fokus untuk membangun aplikasi jaringan(network application). 

Oktober 1972 aplikasi email pertama diperkenalkan  dan diperagakan pada International Computer Communication Conference(ICCC). Peragaan ini sangat berhasil dan selama lebih dari 10 tahun aplikasi email menjadi aplikasi network yang paling banyak digunakan.

# Konsep Internet

ARPANET adalah jaringan komputer pertama yang menggunakan konsep packet switching dan merupakan pioner lahirnya konsep Internet. 

Setelah ARPANET berhasil berjalan dengan desain sebagai packet switching network, muncul pemikiran untuk membuat jenis network dengan desain atau arsitektur yang berbeda seperti packet satellite network, packet radio network, dan jenis network lainnya. Ide selanjutnya adalah jenis-jenis network yang berbeda ini harus bisa berkomunikasi satu sama lainnya.

Dengan demikian untuk mewujudkan maksud ini, harus ada:
  • Suatu Internetworking Architecture yang memungkinkan network-network yang berbeda bisa berkomunikasi. 
  • Sebuah open-architecture network yang mana semua sub-network yang ada didalamnya independen dalam menentukan desain dan arsitekturnya namun tetap bisa saling berkomunikasi melalui suatu konsep Internetworking Architecture.

Konsep Internetworking Architecture dan Open Architecture ini yang menjadi konsep awal Internet. Dengan tujuan menciptakan suatu jaringan komputer global yang terdiri dari sub-network yang independen.

Namun pengembangan dari ARPANET menuju konsep jaringan yang baru ini dihadapkan pada masalah addressing network. Protokol NCP yang digunakan pada ARPANET memiliki kemampuan addressing hanya pada IMP yang berada pada jaringan ARPANET.

Dengan demikian NCP perlu diubah agar bisa memenuhi kebutuhan jaringan open-architecture dan internetworking-architecture. Kemudian lahirlah protocol TCP/IP, yang merupakan protokol komunikasi semua devices yang terhubung melalui jaringan Internet yang ada saat sekarang.
Demikianlah pengertian Internet dan sedikit sejarah yang melatar belakangi kelahirannya.

Semoga bahasan pada artikel ini bisa menambah wawasan bagi para pembaca.

Recommended reading:



0 comments:

Posting Komentar