Penamaan pada Jaringan Komputer Yang Penting Diketahui

Segala sesuatu pada jaringan komputer memilik nama. Komputer memiliki nama yang unique atau tunggal, hard disk maupun printer memiliki nama, bahkan network juga punya nama tertentu. Anda sebagai pengguna juga diberi nama, yang dinamakan user ID.

Penamaan pada network ini ditujukan salah satunya agar anda bisa membedakan resources yang sedang anda gunakan. Anda akan bisa memilih printer atau hard disk mana pada network yang ingin anda akses.

Jadi penamaan di jaringan komputer ini penting untuk anda ketahui.

Berikut beberapa penamaan penting  pada sebuah jaringan komputer yang perlu anda ketahui:

# User ID

Setiap orang yang ingin menggunakan network harus mempunyai sebuah user ID. User ID dibutuhkan untuk proses log on atau masuk ke jaringan.

# Computer Name 

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan harus mempunyai sebuah nama yang tunggal ( unique ).
Dengan mengetahui nama komputer tertentu pada jaringan, akan memudahkan anda mencari dan melihat resources apa saja yang bisa di-akses dari komputer tersebut. Contoh penamaan komputer: akun-server, comp-001.

Penaman Komputer Pada Windows


Anda tidak perlu mengingat semua nama komputer pada network, namun sebaiknya anda dapat mengingat nama komputer milik anda dan nama komputer server. Ini akan memudahkan untuk banyak hal nantinya

# Network Resources Name

Network Resources seperti hard disk, printer juga memiliki nama.

Sebagai contoh, printer pada server bisa diberi nama laserserverprint dan inkserverprint. Seperti anda lihat, dengan penamaan seperti ini anda bisa dengan cepat mengetahui bahwa kedua printer ini terpasang pada komputer server
.
Hard disk bisa diberi nama dengan misalnya datakeuangan dan datapenjualan.

# Administrator Name 

Apabila anda seorang administrator network, maka anda akan memiliki sebuah administrator name. Dengan administrator name ini anda bisa ke login ke server base network sehingga anda bisa melakukan hal-hal seperti menambahkan user baru, mengganti password user dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan jika anda hanya sebagai network user.

# Network Name

 Ada dua jenis network name,

  • Domain Name: Domain name biasanya digunakan pada network besar yang memiliki dedicated server dan staff IT.
  • Workgroup Name: Workgroup name biasa digunakan pada network skala kecil yang tidak memiliki staff IT . 

Untuk dapat mengakses network anda harus mengetahui nama network, baik itu domain name maupun workgroup name. Biasanya anda membutuhkan nama network ketika akan log on ke network.

Sebagai contoh, pada sistem operasi window, untuk format log on biasanya seperti berikut: accnetwork/sandi.

Accnetwork merupakan nama network dan sandi adalah username.

Demikian informasi untuk nama-nama pada network yang penting anda ketahui. Jika ada kekurangan dalam bahasan ini, silakan anda memberi comment.

Previous Reading:

Recommended Rading:

0 comments:

Posting Komentar